Home » , , » Sambutan Ketua Prodi Perbandingan Agama

Sambutan Ketua Prodi Perbandingan Agama

Written By perbandingan agama on Jumat, 18 November 2011 | 20:30

Oleh : Drs. Wawan Hernawan, M.Ag
Program Studi Perbandingan Agama yang kemudian disingkat Program Studi PA Fakultas Ushuluddin Universitas Sunan Gunung Djati Bandung adalah salah satu program studi yang dibilang tua. Program studi PA berdiri bersamaan dengan diresmikannya fakultas Ushuluddin dan Syari’ah di Bandung, serta fakultas Tarbiyah di Garut dan IAIN Sunan Gunung Djati pada tanggal 5 April 1968 dengan Keputusan Menteri Agama Nomor:57 Tahun 1968.
Sebagai prodi studi yang dibilang tua, PA didirikan dengan berdasar kepada realitas masyarakat yang terdiri dari pelbagai agama dan keyakinan yang dalam sejarah perkembangannya belum sanggup menciptakan hubungan harmonis antar pemeluk agama. Fenomena tersebut, secara ilmiah bersumber dari rendahnya pemahaman agama dalam tataran sosial dan kekedapan ajaran agama terhadap ajaran agama lain. Truth Claim dari suatu agama terhadap agama lain menjadi ciri dari cara beragama tersebut. Dan, pada titik inilah kerap menjadi pemicu konflik di Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan religiusitas (penghayatan) dari setiap warga negara terhadap ajaran agama masing-masing dengan kesadaran kebersamaan dalam perbedaan (agree in disagreement). Islam, sebagai agama mayoritas di Indonesia memiliki tanggung jawab untuk memberikan penyadaran akan keberagamaan dan kemestia menciptakan rahmatan lil ‘alamin bagi agama-agama lain. Dengan demikian dibutuhkan wadah kajian yang mengkhususkan diri mengkaji agama dan keberagamaan secara ilmiah akademik dalam wujud sebuah Program Studi.
Kajian secara ilmiah akademik dalam Program Studi PA tidak dimaksudkan untuk membedah dan memprofankan yang sakral, akan tetapi lebih pada core meneliti, memahami, dan menjelaskan implikasi serta dampak dari keberpihakan pemikiran teologis secara individu (pilihan keyakinan) serta realitas keberagamaan manusia secara positif. Penyajian materi perkuliahan di Program Studi PA didekati secara holistik, kritis dan terbuka terhadap perlbagai aspek dalam agama. Melalui kajian itu, agama diharapkan tidak lagi menjadi pemicu konflik, tetapi sebagai sumber integrasi, positif dan dinamis. Selain itu, diharapkan ditemukannya kebenaran yang paling kaffah dalam memahami keberagamaan dan keragaman beragama.
Sepanjang sejaran berdirina Program Studi Perbandingan Agama pernah mengalami masa-masa subur, yang di situ menghasilkan banyak lulusan yang cukup berpengaruh. Waktu pun bergulir, pergantian kepemimpinan di Program Studi Perbandingan Agama berganti. Di antara tokoh yang pernah memimpin Program Studi PA adalah sebagai berikut :
1.      Drs. H.A Farichin Chumaidy, MA (1968-1972)
2.      Drs. H. Moh. Cholil (1972-1976)
3.      Drs. H.A Farichin Chumaidy, MA (1976-1980)
4.      Drs. H. Moh. Cholil (1980-1984)
5.      Drs. H. Dadang Kahmad (1984-1989)
6.      Drs. H. Moh. Cholil dibantu Sekretaris Drs. H. Thoriq A. Hinduan (1989-1994)
7.      Drs. H. Undang Ahmad Kamaludin dibantu Sekretaris Drs. Abdul Syukur, MA (1994-1999)
8.      Dra. Yeni Huriyani, M.Hum dibantu Sekretaris Drs. Yusuf Wibisono, M.Ag (1999-2003)
9.      Drs. Rifki Rasyad, MA dibantu Sekretaris Drs. Casram (2003-2007)
10. Drs. Wawan Hernawan, M.Ag dibantu Sekretaris Deni Miharja, M.Ag (2007-2011)


Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BEM JURUSAN PERBANDINGAN AGAMA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger